You are currently viewing Qana’ah, Kunci Hidup Bahagia

Qana’ah, Kunci Hidup Bahagia

  • Post published:19 Mei 2021
  • Post category:Adab
  • Post comments:0 Comments

بسم الله الرحمن الرحيم

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kepada kita untuk mempunyai sifat qana’ah, karena dengan mempunyai sifat qana’ah kita akan hidup bahagia.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

قَدْ أَفْلَحَ مَنْ أَسْلَمَ وَرُزِقَ كَفَافًا وَقَنَّعَهُ اللَّهُ بِمَا آتَاهُ

“Sungguh beruntung orang yang masuk Islam, diberikan rezeki yang cukup, dan dia qana’ah (merasa puas) dengan apa yang Allah berikan kepadanya” (HR. Muslim no.1054)

Hadits yang mulia menunjukkan besarnya keutamaan seorang muslim yang memiliki sifat qana’ah karena dengan itu semua dia akan meraih kebaikan dan keutamaan di dunia dan akhirat, meskipun harta yang dimilikinya sedikit. (Lihat kitab “Faidhul Qadiir” (4/508).

Kebahagiaan seseorang terdapat pada kesempurnaan agamanya dan kecukupan hidupnya serta qana’ah terhadap apa yg telah diberikan oleh Allah Ta’ala kepadanya. (Bahjatun Naazhiiriin (I/572)

Sekarang kita bahas “Apa itu qana’ah?

Qana’ah adalah merasa ridha dan cukup dengan pembagian rizki yang Allah Ta’ala berikan. (Lihat kitab” Faidhul Qadiir” (4/508).

Dari penjelasan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa orang yang qana’ah adalah orang yang merasa ridha, merasa cukup dan puas dengan rizki yang telah Allah berikan kepadanya.

Contohnya : Seseorang setiap hari kerja, berdagang tetapi hanya mendapat rezeki Rp. 10.000,- (Sepuluh ribu rupiah) kemudian dia merasa ridha, merasa cukup dan puas dengan rezekinya tersebut maka dia adalah orang yang qana’ah dan dia adalah orang yang paling bahagia dan lapang hidupnya…

Semoga Allah menganugerahkan kepada kita semua sifat qana’ah…..

Rabu 7 Syawal 1442 H.
Ditulis di Desa Ngrajek, Kec Mungkid, Kab Magelang.

Oleh : Seneng Widodo

Share :

Tinggalkan Balasan