You are currently viewing Adzab Kubur

Adzab Kubur

بسم الله الرحمن الرحيم

Ketahuilah bahwasanya adzab kubur itu benar-benar ada.

Banyak dalil-dalil Al-Quran dan hadis yang menjelaskan adanya adzab kubur diantaranya:

Allah Ta’ala berfirman:

سَنُعَذِّبُهُم مَّرَّتَيْنِ ثُمَّ يُرَدُّونَ إِلَىٰ عَذَابٍ عَظِيمٍ

“……Nanti mereka akan Kami siksa dua kali, kemudian mereka akan dikembalikan kepada azab yang besar…” (Qs. At-Taubah : 101)

Menurut penjelasan Imam Hasan al-Bashri rahimahullah bahwa yang dimaksud firman Allah “…Nanti mereka akan Kami siksa dua kali..” yaitu adzab didunia dan adzab kubur. (Tafsiir Ibnu Katsir (II/423) )

Allah Ta’ala berfirman:

ٱلنَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا ۖ وَيَوْمَ تَقُومُ ٱلسَّاعَةُ أَدْخِلُوٓا۟ ءَالَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ ٱلْعَذَابِ

Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): “Masukkanlah Fir’aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras”. (Qs. Al-Mu’min : 46)

Ibnu Katsiir Rahimahullah mengatakan:

و هذه الأية أصل كبير في استدلال أهل السنة على عذاب البرزخ في القبور

“Ayat ini merupakan pokok yang agung dalam pendalilan Ahlus Sunnah tentang (adanya) siksa barzah di alam kubur (Tafsiir Ibnu Katsiir (IV/85-86) )

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

نَعَمْ عَذَابُ القَبْرِ حَقٌّ

“Ya, adzab kubur itu benar (adanya)”……” (HR. An-Nasa’i (III/1308)

Sahabat Ibnu ‘abbas radhiyallahu’anhu berkata:

” Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berjalan melewati salah satu kebun di kota madinah, lalu beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam mendengar suara dua orang yang sedang di siksa dialam kubur…… (HR. Bukhori no 216)

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“….. Bahwa manusia didalam kuburnya akan ditanyakan kepadanya: “Siapa Rabb-Mu? Apa agamamu? Siapa Nabimu? Orang-orang Mukmin akan dikaruniai keteguhan dengan perkataan yang teguh di dunia dan di akhirat, sehingga ia akan menjawab: ‘Allah adalah Rabb-ku, Islam adalah agamaku, dan Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam adalah Nabi-ku. Sedangkan orang yang ragu akan menjawab: ‘Haa, Haa, aku tidak tahu, aku mendengar orang mengatakannya, lalu aku pun mengatakannya. Maka dipukulah ia dengan satu batang besi, sehingga berteriak sekeras-kerasnya yang dapat didengar oleh setiap makhluk, kecuali manusia dan jin, dan seandainya manusia mendengarnya niscaya ia akan jatuh pingsan.. (HR. Abu Daud no 4753)

Semoga Allah menyelamatkan kita dari adzab kubur…..

Sabtu 10 Syawal 1442 H/ 22 Mei 2021
Ditulis di Desa Ngrajek, Kec Mungkid, Kab Magelang.

Oleh : Seneng Widodo

Share :

Tinggalkan Balasan